BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 05 Januari 2010

Coelacanth

Well, this is about... "Knowledge" knowledge,, knowledge.. why u're growing up soooo fast...??

Dizaman modern ini, knowledge sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, tidak ada salahnya menambah pengetahuan kita. Bukan bermaksud mem-bajak karya ilmiah orang, akan tetapi, ingin membagikan pengetahuan ini kepada orang banyak. ^^

Talking about knowledge, let's see about coelacanth..













Coelacanth adalah ikan purba (dari bentuknya yang engga cakep-cakep amat, ketauan bahwa ikan itu bukan ikan modern,, ^^), yang diketahui hanya tinggal di perairan kepulauan Komoro, di Samudera Hindia bagian barat dan temasuk ikan zaman purba yang masih hidup sampai saat ini. (Ikan Coelacanth ini, juga terdapat di Ancol, SeaWorld, dalam bentuk ikan yang diawetin. Ikan Coelacanth Latimeria menadoensis juga diawetkan dan disimpan di Museum Zoologi LIPI, Bogor).

Kata ilmuwan sih ikan ini hidup sejak 400 juta tahun yang lalu. Ditemukan pertama kali pada tahun 1938, yang diyakini bahwa ikan ini sudah punah 70 juta tahun yang lalu. Akan tetapi, beberapa tahun yang lalu, seorang ilmuwan berhasil menjaring ikan ini dengan jaring pada kedalaman 200 meter di pantai Pulau Manado Tua.

Ada beberapa species ikan Coelacanth, antara lain species Latimeria menadoensis, Latimeria chalumnae, dll.

(Naahh,, yang ada di Ancol itu, namanya ikan Latimeria menadoensis)

Ikan ini berukuran besar dengan panjang bisa mencapai dua meter dan berat 100 kg, dan bisa hidup hingga berumur 50 tahun. Ikan ini biasa hidup berkelompok hingga 14 ekor, tetapi mereka sendirian ketika mencari makan.

Yang membuat ia berbeda dengan ikan-ikan lain adalah siripnya. Sirip-sirip yang tebalnya seperti lengan menjadikan para ilmuwan percaya bahwa Coelacanth adalah mata rantai dalam evolusi dari ikan darat berkaki 4. Tetapi, ikan ini bukan hanyut sehingga bisa tiba ke Indonesia. Melainkan Latimeria chalumnae ini adalah species yang lebih muda dibandingkan dengan L.menadoensis.

0 komentar: