BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 24 November 2009

Makna dan Tujuan Sharing


Sharing mempunyai arti sebagai makna "saling berbagi" dalam arti yang positif.
Mendengar kata "Sharing" mungkin sebagian dari kita akan langsung merasa bosan, karena dalam kata sharing, sudah ter-doktrin di benak kita bahwa pada saat sharing, berarti kita harus (merasa dipaksa) membagikan, menceritakan tentang kehidupan sehari-hari kita yang pribadi untuk diceritakan kepada banyak orang (dilakukan dalam suatu komunitas yang besar). Padahal, sharing tidak selalu harus dilakukan dalam suatu komunitas yang besar, karena sharing juga dapat dilakukan dalam suatu komunitas yang kecil, dan bersifat pribadi yang lebih kita kenal sebagai tempat curhat.


Selain itu, bermacam-macam manfaat sharing, antara lain, dapat mempererat hubungan persahabatan antar sesama, terkadang, juga dapat memberi kelegaan pada sang pencerita yang menceritakan kegundahan hatinya. Manfaat lain juga didapat dalam ber-sharing, seperti dapat membuat kita dapat menata bahasa kita, karena dalam sharing, dibutuhkan penyampaian cerita dengan tata bahasa yang baik, teratur dan jelas agar penerima dapat memahami apa yang ingin kita utarakan.
Tidak hanya berdampak baik kepada pencerita, juga memberikan dampak positif kepada pendengar, misalnya saja, dapat membuat pendengar untuk belajar mendengarkan, dan memahami orang yang sedang berkeluh-kesah kepada mereka, dan juga sang pendengar dapat mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya saja, karena kita men-sharing-kan masalah pribadi kita terhadap orang tersebut, tanpa kita sadari orang tersebut akan merasa bahwa ia telah diberi kepercayaan sehingga kita mau menceritakan oermasalahan kita kepada orang lain. Nah, dalam hal ini, kita secara tidak langsung membantu orang tersebut untuk memupuk rasa percaya diri.
Selain itu, kita tidak perlu merasa khawatir bahwa orang tersebut akan membocorkan rahasia kita. Karena kita telah memberikan kepercayaan kepada orang tersebut sehingga kita merasa yakin bahwa orang yang kita ajak untuk berbagi cerita adalah orang yang tepat. Rasa saling percaya itulah yang dibutuhkan untuk dapat memupuk persahabatan.
Sehingga, melalui sharing, banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Sehingga, jangan khawatir untuk men-sharing-kan pengalaman anda kepada kerabat, atau teman, dll. Karena secara tidak sadar, kita membutuhkan mereka meskipun sedikit. Jadi, berusahalah untuk membina persahabatan dengan teman-teman anda.. ^^

0 komentar: